Kegagalan Adalah Kunci Kesuksesan



Sepanjang hidup saya, orang-orang ‘bijak’ berusaha mengajarkan saya dengan mengatakan untuk sukses, saya harus berprestasi, menang, yang ujungnya akan membawa saya kepada suatu keadaan yang dinamakan ‘kesuksesan’.

Saya ditakut-takuti dan diajarkan bahwa kegagalan adalah sesuatu yang sangat mengerikan. Walhasil, saya jadi takut gagal. Saya tidak menolak sukses seperti sukses yang mereka ajarkan, tetapi kenyataannya sepanjang hidup saya pula saya mencoba untuk sukses dengan cara yang salah.

Di pihak lain, saya menemukan beberapa momen kesuksesan dalam hidup saya, baik dalam bermusik, berbisnis maupun berkeluarga. Kunci kesuksesan-kesuksesan tersebut? Kegagalan.

Ya, beberapa tahun yang lalu saya memutuskan untuk tidak lagi takut gagal. Meski, pada saat itu saya belum sadar bahwa saya sudah tidak takut lagi gagal. Ternyata, saya memang gagal setiap waktu. Paradoks memang, sejak saya tidak takut gagal lagi, saya malah mendapatkan kepuasan hidup dan uang lebih banyak.

Saya baru sadar pagi ini, bahwa selama ini saya ditipu. Ternyata, gagal itu tidak menakutkan. Malah, gagal itu menyenangkan. Iya. Logikanya sederhana. Semakin banyak saya gagal, semakin saya banyak belajar.

Tips untuk menjadi musisi gagal:

  1. Jangan diam, mulai sesuatu, usahakan berbeda. Bikin lagu yang nyeleneh, bikin merchandise yang beda dari yang lain, berdandan tidak biasa.
  2. Jual hasil karya kamu. Jangan nunggu sempurna, jangan simpan di celengan babi.
  3. Berpikir proses bukan hasil. Nikmati proses tersebut. Misalnya, jangan berpikir hasil mixing album baru kamu bagus, tapi pikirkan bagaimana agar hasil mixing nya bagus.
  4. Tidak semua yang kamu mulai harus kamu selesaikan. Logikanya begini, jika ternyata tidak menyenangkan, kenapa musti dikerjakan lebih lanjut? Cepat pindah, mulai lagi yang baru dan lakukan yang terbaik!
  5. Bekerja dengan cinta. Kerjakan dunia bermusik kamu seperti kamu sedang mencintai orang yang paling kamu cintai. Fall in love is good!
  6. Jika menemukan kegagalan dalam upaya dan proses kamu, pelajari mengapa, bagaimana dan dimana. Jangan ulang kesalahan kamu.

Akhir kata, nikmati kegagalan sebagai sebuah proses menuju menjadi musisi yang lebih baik.

Ingin jadi musisi sukses? Jadilah musisi gagal.



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Kegagalan Adalah Kunci Kesuksesan"

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya yah,Terima kasih..

by : Đąųş ηýąτą βąηδ