Metode Penelitian Komunikasi

Pengertian dan Perbedaan Pokok Penelitian Eksperimen dan Korelasi

Penelitian Eksperimen dapat didefinisikan sebagai metode yang dijalankan dengan menggunakan suatu perlakuan (treatment) tertentu pada sekelompok orang atau kelompok, kemudian hasil perlakuan tersebut dievaluasi.

Manfaat sekaligus kelebihan metode eksperimen (dibandingkan penelitian korelasi) adalah


  1. menguji hipotesis dengan melakukan kontrol terhadap kondisi penelitian;
  2. mengembangkan teori, kemudian melakukan pengujian di lapangan:
  3. memperbaiki teori-teori serta temuan-temuan penelitian;
  4. meneliti melalui jalan pintas; dan
  5. memudahkan replikasi karena kondisi yang dipelajari benar-benar spesifik.

Dibandingkan penelitian korelasi, eksperimen berbeda menyangkut hal-hal berikut:

  • Variabel independen (x) dan dependent (y) ditetapkan terlebih dahulu sebelum penelitian berlangsung..
  • Ada perlakuan eksperimen tertentu terhadap kelompok yang diteliti.
  • Menghasilkan angka indeks keterpengaruhan sebagai hasil atau temuan penelitian.
  • Hasil dan kondisi penelitian dapat direplikasi pada tempat dan waktu lain.


Ketentuan Umum tentang Metode Penelitian Eksperimental

Setidaknya ada delapan ketentuan umum tentang penelitian eksperimen.

  1. Definisi, yaitu batasan atau definisi penelitian dan variabel harus jelas dan tegas atau definitif, dan tidak boleh terjadi kebimbangan (confuse) di dalamnya.

  2. Sampling, yaitu jumlah dan anggota kelompok sampel yang diambil perlu random, dan sesuai antara jumlah subjek dan prosedur pengukuran yang ditetapkan.

  3. Tipe eksperimen. Dalam hal ini perlu dibedakan tipe eksperimen yang lazim digunakan, yaitu 2 kelompok eksperimen dengan meneliti 1 atau 2 variabel, 3 kelompok eksperimen dengan meneliti 1 atau 2 variabel, dan banyak kelompok dengan manipulasi pada beberapa variabelnya.

  4. Rancangan eksperimen, yaitu harus sesuai jumlah kelompok dan urutan prosedur pelaksanaan eksperimen.

  5. Pengukuran. Pengukuran harus jelas skalanya, misalnya menggunakan skala sikap Likert. Ini menyangkut alat dan metode yang digunakan.

  6. Statistik, yaitu meliputi informasi yang dikumpulkan, teknik mengolah dan teknik menyimpulkan data-data perlu sesuai dengan kaidah statistika yang logis dan representatif.

  7. Generalisasi. Tidak semua hasil penelitian eksperimen dapat digeneralisasi karena hasil amat tergantung pada jenis, metode, prosedur, sampling serta instrumen yang digunakan.

  8. Metode eksperimen dapat didefinisikan sebagai metode yang dijalankan dengan menggunakan suatu perlakuan tertentu pada sekelompok orang atau beberapa kelompok, kemudian hasil perlakuan tersebut dievaluasi.


Bentuk-bentuk Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen, berbeda dengan penelitian non-eksperimen, memiliki ciri khusus berupa kontrol terhadap variabel bebas (x) yang dapat dilakukan oleh peneliti sehingga menghasilkan hasil atau pengaruh (y), seperti yang diinginkan.

Dibedakan ada 2 jenis penelitian eksperimen, yaitu eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan.

Eksperimen laboratorium adalah kajian penelitian di mana varian dari hampir semua variabel bebas yang berpengaruh yang mungkin ada, namun tidak relevan dengan masalah yang sedang diselidiki, diminimumkan. Dilakukan dengan mengasingkan penelitian itu dalam suatu situasi fisik yang terpisah dari rutinitas kehidupan harian.

Kekuatan penelitian eksperimen laboratorium adalah

  • kemungkinan untuk pelaksanaan kontrol yang relatif sempurna,
  • Dapat menggunakan pembagian acak dan dapat pula memanipulasi satu atau beberapa variabel bebas,
  • Tingkat ketelitian (presisi) hasil penelitian yang umumnya tinggi (asalkan prosedurnya tepat).

Kelemahan penelitian eksperimen laboratorium adalah

  • kurangnya kekuatan variabel bebas menyebabkan efek dari manipulasi eksperimental biasanya lemah,
  • kesemuan (keartifisialan) situasi penelitian eksperimen.

Penelitian eksperimen lapangan adalah kajian penelitian dalam suatu situasi nyata (riel) dengan memanipulasikan satu atau lebih variabel bebas dalam kondisi yang dikontrol dengan cermat oleh pembuat eksperimen sejauh memungkinkan.

Kekuatan Penelitian eksperimen lapangan adalah

  • bersifat realistik dan variabelnya mempunyai efek yang lebih besar daripada efek variabel dalam penelitian eksperimen laboratorium, (2) sesuai untuk mengkaji pengaruh, proses, dan perubahan sosial serta psikologis (termasuk komunikasi) yang kompleks, dalam situasi yang mirip kenyataan kehidupan,
  • sesuai untuk menguji teori maupun untuk mendapatkan jawab terhadap pertanyaan-pertanyaan praktis.

Kelemahan penelitian eksperimen laboratorium adalah

  • lingkungan yang sulit atau tidak terkontrol,
  • desain yang kurang ideal,
  • kurang (atau rendahnya) presisi atau ketepatan hasil penelitian.


OPERASIONALISASI PENELITIAN EKSPERIMEN KOMUNIKASI

Penjelasan Istilah dan Arti Penting

Dalam memahami penelitian eksperimental perlu mengetahui beberapa istilah penting di antaranya adalah kontrol, perlakuan, ulangan, random, pretes, dan postes. Kontrol adalah suatu tindakan peneliti kepada salah satu kelompok eksperimental yang akan digunakan sebagai pembanding dengan kelompok eksperimental yang memperoleh treatment/perlakuan. Dengan kata lain, kelompok eksperimental sebagai kontrol tidak diberi perlakuan atau treatment. Perlakuan adalah suatu tindakan tertentu yang dilakukan peneliti terhadap kelompok eksperimental, di mana tindakan tersebut akan diteliti pengaruhnya. Ulangan adalah suatu upaya peneliti untuk memperkecil tingkat kesalahan dan memperoleh taksiran yang lebih baik mengenai efek suatu treatment dalam penelitian eksperimental. Semakin banyak dilakukan pengulangan maka akan menghasilkan taksiran yang semakin akurat. Randomisasi adalah upaya peneliti untuk memenuhi asumsi dalam tes signifikan atau uji keberartian. Pretes dan postes adalah upaya melakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian perlakuan terhadap kelompok eksperimental untuk melihat efek dari suatu treatment. Kontrol terhadap lingkungan, variabel, dan subjek penelitian yaitu merupakan upaya peneliti untuk memperkecil pengaruh luar terhadap kelompok eksperimental sehingga pengaruh treatment lebih nyata.


Rancangan Eksperimental

Metode eksperimental adalah metode yang mungkin paling tepat untuk menyelidiki hubungan kausal atau sebab-akibat. Sebelum pelaksanaan eksperimen, perlu dibuat rancangan yang baik, dengan cara menjawab pertanyaan pokok tentang tujuan eksperimen, variabel yang akan diukur/diteliti, jenis data yang akan dicari, dan teknik analisis data yang akan dipakai. Semua ini dilakukan agar metodologinya tepat.

Dikenal adanya rancangan praeksperimental, yaitu rancangan yang dibuat sebagai model atau penyederhanaan, sebelum pelaksanaan eksperimen yang sesungguhnya dilakukan.

  1. The One Shot Case Study, yaitu suatu kelompok dikenakan perlakuan tertentu, kemudian dilakukan pengukuran terhadap variabel terikat.
  2. One Group Pretest Posttest Design, yaitu rancangan yang digunakan dengan cara memberi perlakuan pada jangka waktu tertentu, dan mengukur dengan tes sebelum dan sesudah perlakuan dilakukan.
  3. The Static Group Comparison: Randomized Control Group Only Design, yaitu rancangan eksperimen terhadap subjek yang berasal dari populasi yang dikelompokkan menjadi dua, yaitu satu kelompok diberi treatment, dan kelompok lain tidak, kemudian diukur pengaruhnya.

Sedangkan dalam rancangan eksperimen yang sesungguhnya dikenal 2 rancangan, yaitu sebagai berikut.

  1. Randomized Control Group Pretest Posttest Design, yaitu suatu rancangan penelitian yang menggunakan dua kelompok subjek. Dua kelompok subjek tes tersebut diberi nama kelompok kontrol dan eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan, sementara itu kelompok kontrol tidak. Sebelum dan sesudah pemberian perlakuan kedua kelompok tersebut diukur variabelnya
  2. eksperimental lapangan, yaitu penelitian dengan rancangan eksperimental yang ditetapkan pada keadaan sehari-hari. Ada upaya kontrol terhadap subjek, tetapi tidak begitu ketat dan yang terpenting di sini harus memastikan bahwa perlakuan yang diberikan sesuai sasarannya.


Kuasi Eksperimental

Terhadap variabel dilakukan tidak dengan murni atau penuh, tetapi dengan dikurangi atau ditampilkan sebagian saja. Sering disebut juga dengan eksperimen nonekuivalen, yang berarti eksperimen dengan kelompok kontrol yang tidak atau kurang sebanding. Setidaknya ada tiga jenis rancangan desain kuasi eksperimental, yaitu sebagai berikut.

  1. one group posttest only design, yaitu jenis kuasi di mana hanya ada satu kelompok eksperimen yang kepadanya dilakukan posttest saja.
  2. posttest only design with nonequivalent groups, yaitu eksperimen terhadap 2 kelompok, yang satu kelompoknya diberi perlakuan dan posttest, sedangkan pada kelompok lain hanya diberikan posttest saja, tidak ada pretest dan perlakuan.
  3. one group pretest posttest design, yaitu (hanya) ada satu kelompok eksperimen yang ada di dalamnya termasuk/diberikan pretest dan posttest, tetapi tidak ada kelompok kontrol.

Sumber Buku Metode Penelitian Komunikasi Karya Bambang Setiawan


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Metode Penelitian Komunikasi"

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya yah,Terima kasih..

by : Đąųş ηýąτą βąηδ