Mailing List Kimia

Mailling List ini diperuntukan bagi rekan Guru Kimia, dan siapa saja yg perduli dengan pengajaran kimia. Mari bergabung di pengajaran kimia SMA. Kita dapat berbagi pengalaman, keluh kesah dalam pengajaran kimia SMA. Semoga pengajaran Kimia lebih menarik, berkualitas, mudah untuk dipahami semua siswa yg mempelajarinya.

Bahan diskusi utama dalam millis ini yaitu pengajaran materi pelajaran kimia SMA. Di dalamnya diharapkan hanya akan dibahas persoalan pengajaran kimia SMA dan pemecahannya, tips dan trik (kiat) serta alternatif lain dalam penyampaian pelajaran, sehingga mudah diterima dan menarik minat siswa.

Meskipun demikian terbuka juga peluang untuk membahas hal lain yang terkait dengan pengajaran kimia secara umum.

Untuk memudahkan pembacaan diharapkan pada tiap subyek didasarkan per pokok bahasan dengan menuliskan KODE pada bagian awal judul topik.
Stoikiometri = (STK) Struktur Atom = (SA)
Sistem Periodik Unsur2 = (SPU) Ikatan Kimia = (IK)
Termokimia = (TK) Laju Reaksi = (LR)
Kesetimbangan Kimia = (KSK) Larutan = (Lar)
Redoks Elektrokimia = (R&E) Kimia Organik = (KOR)
Kimia Unsur = (KUN) Kimia Koloid = (KKO)
Kimia Lingkungan = (KL) Kimia Inti = (KIN)
BAHASAN UMUM = (UMUM)

Nambahin saja pak urip untuk berbagi sama sama disini.
Konsep atom modern sekarang adalah Inti atom ditengah
dan elektron mengelinginya. Bagaimana lintasan atomnya
? merekal punya kulit kulit tertentu (bilangan kuantum
utama) K, L, M dst. antara satu kulit dan kulit
berikutnya adalah kosong tidak ada elektron yang
melintas. Semakin keluar maka makin jauh dan makin
lemah gaya tarik inti ke elektron tersebut.

Pada tiap kulit ada yang namanya orbital. Orbital ini
adalah sebenarnya tempat lintasan elektron. s, p , d ,
f, dst. Apa yang membedakan s, p , d dan f ini ? yaitu
bentuk lintasannya. kalua s bentuknya bola bisa
ditunjukkan dengan gambar balon. Elekton bukan balonya
tapi permukaan balon itu adalah dimana terdapat
lintasan elektron. Elektron akan bergerak sepanjang
permukaan balon tidak keatasnya tidak kebawahnya.

p berbentuk balon yang diplintir (terpilin dibuku
teks), sebenarnya kita bisa bawa balon kemudian kita
plintir dibagian tengahnya. Nah orbital p ini punya
lintasan seperti permukaan balon yang diplintir
tersebut...Dan lintasannya meliputi 3 arah sumbu x, y,
z sehingga makanya kita tuliskan biasanya 3 kotak.
sedang s dilukiskan 3 kotak. Kalau s menampung 2
elektron maka p menampung 3x2 eletron = 6

demikian juga orbital d, semakin rumit.....ini harus
digambarkan dengan gambar komputer atau gambar real
secara lansung, kalau nggak kesulitan. Tapi biasanya
ini nggak perlu dibahas, tapi anak sudah mengerti
mengenai gambaran lintasan elektron dalam atom. Kalau
mau diteruskan sedikit disini maka harus dijelaskan
dengan gambar posisi posisi orbital (5 posisi)
sehinggal digambarkan 5 kotak ´= isi elektron 5x2 = 10
elektron. Tapi yang ini biasanya bentuknya membikin
bikin bingung siswa, bisa ditinggalkan saja tidak
perlu diberikan, yang penting siswa mengerti kalau
orbital d punya 5 kotak untuk 10 elektron.






JONH DALTON

Pada tahun 1803, John Dalton mengembangkan konsep atom modern pertama. Model Dalton menaruh perhatian utamanya pada sifat kimia atom, yaitu bagaimana atom membentuk senyawa, daripada mencoba untuk menjelaskan sifat fisika atom. Konsep utama dari model Dalton adalah sebagai berikut:

? Sebuah elemen terdiri dari partikel yang sangat kecil dan tidak dapat dibagi lagi disebut atom.
? Semua atom dari elemen tertentu memiliki karakteristik yang identik, yang membedakan mereka dengan atom elemen lain
? Atom tidak dapat diciptakan, dimusnahkan, atau diubah menjadi atom dari elemen lain
? Senyawa terbentuk ketika atom-atom elemen yang berbeda bergabung satu sama lain dalam sebuah rasio tertentu.
? Jumlah dan jenis atom tersebut adalah konstan dalam senyawa tertentu. .


Poin pertama dari teori Dalton berhubungan dengan pengertian orang Yunani tentang atom, yaitu sebuah unit kecil yang bekerja bersama atom lain untuk membentuk senyawa yang lebih besar. Dalton juga mampu untuk memahami tentang adanya sifat elemen yang berbeda-beda dapat dijelaskan dengan bukti adanya berbagai macam atom, yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Poin ke-3 dari model Dalton menunjukkan bahwa atom tidak dapat diubah dengan cara kimia. Ini ditunjukkan dengan bagaimana garam dapat diambil walaupun telah larut dalam air. Poin ke-4 dan ke-5 mendeskripsikan bagaimana atom-atom dapat membentuk senyawa kimia. Konsep-konsep ini secara tepat menjelaskan cara pembentukan senyawa, dan masih digunakan hingga sekarang. Model Dalton, sebagai contoh, dapat menjelaskan bahwa air merupakan senyawa yang berbeda (dengan sifat dan ciri yang berbeda) dari hidrogen hidroksida karena memiliki 1 atom hidrogen lebih sedikit dalam tiap senyawanya daripada yang dimiliki hidrogen hidroksida. Walaupun teori Dalton cukup untuk menjelaskan keberadaan atom, namun struktur atom masih belum dijelaskan dan alasan mengapa elemen yang berbeda memiliki sifat dan ciri yang berbeda masih belum terjawab.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Mailing List Kimia"

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya yah,Terima kasih..

by : Đąųş ηýąτą βąηδ