Tips Memilih Charger Handphone

Charger atau pengisi baterai dan power adapter bermanfaat memberi tenaga pada ponsel saat baterai habis. Ponsel tanpa charger ibarat mobil tanpa bensin. Pilihan charger yang tepat akan turut menentukan tenaga yang dihasilkan bagi ponsel. Tetapi sebaliknya jika tidak hati-hati dalam memilih charger juga bisa menghasilkan efek yang kurang baik bagi baterai ponsel. Nah, untuk itu sudahkah Anda mempelaiari charger apa saja yang cocok untuk ponsel yang Anda miliki? Tips di bawah ini akan membantu Anda dalam menentukan charger pilihan.

Jenis baterei
Coba lihat terlebih dahulu jenis baterai ponsel Anda. Jika menggunakan baterai NiCad, itu berarti Anda harus menggunakan charger yang memiliki fungsi discharge. Fungsi discharge akan membantu pengisian baterai sampai nol. Apabila charger tak punya fungsi ini kemungkinan baterai akan drop. Sedangkan bila yang digunakan baterai ponsel NIMH (metal), Anda juga harus memilih charger yang fungsi discharge. Kecuali jika baterai ponsel dari Li-Poly atau Li-Ion jenis charger tidak terlalu bermasalah.

Merek ponsel
Beberapa merek ponsel untuk tiap serinya memiliki jenis Charger yang berbeda-beda. Misalnya pada ponsel Motorola. Untuk yang satu ini Anda sebaiknya menggunakan charger original saja. Sedangkan ponsel Ericsson, Nokia atau Siemens hampir semua serinya memiliki jenis charger yang sama. Karena itu Anda bisa memilih charger dari Kingcom yang menyediakan aneka charger untuk ketiga merek tadi. Charger Kingcom hanya butuh waktu 1 jam saja untuk mengisi tenaga pada baterai dibandingkan charger lainnya yang butuh waktu lebih dari satu jam.

Travel charger
Kebanyakan ponsel yang dijual disertai dengan travel charger, walaupun beberapa antaranya bisa dikombinasi dengan desktop charger Sebaiknya belilah travel charger yang memiliki fungsi rapid charger yang mengisi baterei secara cepat dan aman. Hati-hati dengan travel charger yang memiliki fungsi trickle charger karena jika pengisiannya tidak dari nol baterai akan drop. Travel charger ada juga yang berbentuk mini tanpa kabel, seperti pada micro charger ponsel Ericsson. Travel charger kingcom dijual Rp70 ribu.

Desktop charger adalah charger yang didudukkan di meja, sehingga Anda bisa mencharge baterei-nya saja tanpa ponsel. Jika membeli desktop charger, yakinkan ponsel Anda bukan dari bahan NiCad karena penggunaan desktop charger yang salah akan merusak kualitas baterai. Desktop charger banyak ditemui pada cordless.

Plug in charger
Plug In Charger adalah charger yang dicolokkan pada power cigarette di dashboard mobil. Charger jenis ini cocok ketika Anda bepergian. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering men-charge dari mobil karena ketakstabilan arus listrik dalam mobil akan merusak baterai. Pilihlah charger mobil yang mempunyai kemampuan mengisi penuh baterai, contohnya charger mobil dari Kingcom yang dijual Rp55 ribu.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Tips Memilih Charger Handphone"

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya yah,Terima kasih..

by : Đąųş ηýąτą βąηδ