Tragedi Jebolnya Tanggul Situ Gintung Dan Penyebabnya

Di posting ini saya mau haturkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban jebol tanggul Situ Gintung atau Danau Gintung di Cirendeu, kampung CirendeU tanggerang Selatan. Semoga diberi ketabahan dan kesabaran atas cobaan ini.

Dan sejauh ini menurut Dinas Kesehatan terdapa 52 korban jiwa, namun menurut PMI terdapat 45 korban jiwa. Dan sekarang ini tim penyelamat terus mencari korban lain yang kemungkinan terseret dan tertimpa reruntuhan bangunan yang jebol diterjang banjir.

Tragedi jebolnya tanggul situ gintungPenyebab jebolnya tanggul Situ Gintung, Cireundeu, Tangerang, Banten dikarenakan tingginya curah Hujan, yang menyebabkan permukaan air situ naik dan melimpas tanggul. Penyebab tersebut dijelaskan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane Sutoyo Subandrio Pitoyo saat menemani Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) di lokasi jebolnya tanggul.

“Saat hujan kemarin begitu besar, terjadi kenaikan muka air. Sehingga air naik dan terjadi limpasan di atas tubuh bendungan. Sehingga tergerus dan longsor. Tanggul manapun pasti akan jebol kalau terjadi pelimpasan,” jelas Sutoyo. Dia menambahkan, volume air situ yang melimpas tanggul sebanyak 1 juta meter kubik air dari situ yang seluas 21 hektar.

Mobil tersapu di jebolnya tanggul Situ GintungTidak hanya manusia yang menjadi korban dalam tragedi jebolnya tanggul Situ Gintung, ratusan rumah dan mobil mewah Di Perumahan Cirendeu Permai juga terendam banjir bercampur lumpur. Warga terkejut karena air masuk dengan cepat hingga mencapai ketinggian tiga meter. Bahkan, banyak warga yang terjebak di rumah. Evakuasi terus dilakukan tim gabungan TNI-Polri. Sementara warga mengaku pasrah.

Warga yang selamat mengatakan bahwa musibah tersebut merupakan Tsunami.

Pemerintah akui kurang memperhatinkan perawatan tanggul buatan jaman Belanda ini, DPU hanya melakukan renovasi secukupnya ditambah lagi padatnya perumahan penduduk disekitar tanggul yang mempengaruhi kekuatan tanah.

Semoga pemerintah kedepannya lebih memperhatinkan keselamatan warganya!


sumber : http://rumahabi.info/


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Tragedi Jebolnya Tanggul Situ Gintung Dan Penyebabnya"

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya yah,Terima kasih..

by : Đąųş ηýąτą βąηδ